02 April, 2013

SADAR-OPTIMIS-SERIUS-FOKUS

POIN 1 : KESADARAN
Pemikiran merupakan sebab dari setiap aktivitas kita, langkah pertama yang paling efektif dalam merubah aktivitas kita adalah dengan merubah pola pikir terlebih dahulu. Dan kita sebut saja proses ini dengan KESADARAN. Sadar dalam perspektif Islam tentunya adalah sadar akan jalan yang benar setelah melewati kegelapan. Orang akan paham bahwa itu adalah kebenaran ketika ia juga memahami suatu keburukan. Dalam sebuah syair arab disebutkan :
#Mengetahui keburukan bukan untuk keburukan tapi untuk menjauhinya
#Dan siapa yang tidak mengetahui keburukan maka ia akan terperosok kedalamnya
Dalam konteks perubahan menjadi lebih baik, atau dalam konteks taubat, bahkan dalam konteks menggapai mimpi-mimpi kita. Poin ini sangatlah urgent. Mengingat akhir cerita kita merupakan akibat dari sebab kesadaran ini.


POIN 2 : OPTIMIS

Optimis merupakan sikap yakin bahwa kita bisa, hal ini akan terjadi ketika kita meyakini bahwa ujung dari mimpi kita ini adalah indah. Akhir dari cerita kita ini akan bahagia. Dan ini harus senantiasa hadir dalam setiap proses kehidupan. Tentunya sebagai seorang muslim, kita yakin bahwa ada keridhoan Allah SWT merupakan puncak dari rasa bahagia, dan hal itu akan didapatkan oleh seorang muslim yang beriman dan bertakwa. maka menjadi konsekuensi logis dari ketakwaan kita untuk senantiasa optimis dalam menyambut setiap janjinya, dalam melaksanakan setiap kewajibannya. Hal ini pun berlaku dalam mencapai indahnya setiap tujuan dari target kita di dunia.
Namun menjadi catatan besar, banyak orang yang terbuai mimpi. Entah itu mimpi yang dibangkitkan oleh diri sendiri ataupun yang dipancing dari luar semacam training-training ataupun yang lainnya. Hal itu adalah orang yang ngomong besar, terlalu optimis tanpa perhitungan logis dan tanpa usaha konkrit mencapai mimpi tersebut.


POIN 3 : KESERIUSAN

Serius???
Inilah yang akan membuktikan dan mengaktualisasikan dari mimpi kita. Karena kita pun harus yakin tak ada jalan mulus menuju sebuah mimpi besar. Hambatan, rintangan, lika-liku, duri jalanan pasti akan menghadang. Dengan sikap serius inilah yang akan menjadi filter dari orang-orang yang serius dengan orang yang main-main.
Bagi orang yang serius hambatan itu hanya akan menjadi penyedap rasa dalam suatu proses mencapai tujuan. Berbeda dengan orang yang main-main hanya akan menjadikan hambatan tersebut sebagai alasan untuk berhenti ataupun berbelok.
Sikap yang sangat lekat dengan orang yang serius adalah : PERJUANGAN DAN PENGORBANAN.


POIN 4 : FOKUS

Fokus bukan berarti hanya mengerjakan satu pekerjaan saja. Namun fokus adalah sikap untuk mengerjakan sesuatu satu persatu. Genggamlah pasir sesuai genggamanmu, janganlah pasir satu truck ingin kau genggam sekaligus. Mimpi kita pasti banyak, bukan hanya satu. Tapi fokuslah pada satu hal yang menjadi prioritas dengan waktu yang terdekat. Tanpa melupakan mimpi lainnya.
Konsentrasikan pikiran Anda pada sesuatu yang Anda lakukan Karena sinar matahari juga tidak dapat membakar sebelum difokuskan. - Alexander Graham Bell


0 komentar:

Post a Comment

terima