11 December, 2014

REVIEW KITAB NIDZOMUL ISLAM

REVIEW KITAB NIDZOMUL ISLAM
Kitab pertama yang menyadarkan tentang islam ideologis. Kitab pertama yang dikaji dalam perhalaqohan di Hizbut Tahrir. Materi yang disampaikan diawali dengan pembahasan tentang aqidah aqliyah dan pemikirannya tentang hidup, alam semesta, dan manusia serta hubungan ketiganya dengan sesuatu yang ada sebelum kehidupan dunia dan yang ada sesudahnya. Pemikiran tersebutlah yang akan menentukan sebuah kebangkitan, yakni perubahan mendasar dan menyeluruh terhadap pemikiran manusia dewasa kini dengan sesuatu yang benar dari Yang Maha Benar, tiada lain selain Islam. Karena tingkah laku seseorang dalam menjalani kehidupannya tergantung dari pemikirannya terhadap kehidupan. Dengan demikian, apabila kita hendak mengubah tingkah laku manusia yang rendah menjadi luhur, yang bobrok menjadi mulia, maka tidak ada jalan lain kecuali harus mengubah pemikirannya terlebih dahulu.
Pembahasan selanjutnya tentang perbandingan ideologi dunia, yang menjadi dasar pemikiran manusia kekinian. Dengan menggambarkan kebobrokan dari ideologi kapitalisme dan sosialisme, dan menjelaskan ideologi islam sebagai satu-satunya ideologi yang benar dan diwajibkan untuk diterapkan dan disebarkan ke seluruh dunia.  Setelah itu dijelaskan tentang apa yang boleh dan tidak boleh kita ambil dari luar islam, dengan mengklasifikasikannya dalam hadharah, madaniyah khas dan madaniyah amm. Sehingga kemurnian islam dan pemikirannya tetap terjaga dilandasi dengan argumentasi dalil yang kuat.
Melihat kebenaran islam yang mutlak, islam yang merupakan satu-satunya agama yang akan diterima dan diridhoi oleh islam, syariat islam yang diwajibkan kita, maka dijelaskan kembali tentang keterikatan kita dengan syariat islam. Keterikatan yang menuntut kita untuk senantiasa berusaha dan berjuang untuk tegaknya syariat islam di muka bumi, dan menyebarkan islam itu sendiri ke seluruh dunia.
Kesiapan dan keseriusan hizbut tahrir dalam memperjuangkan syariat islam terlihat dari penjelasan selanjutnya mengenai hukum-hukum islam, baik itu tentang sumber hukum dan sumber dalil islam. Serta pembahasan tentang rancangan undang-undang dasar yang meliputi : hukum-hukum umum, sistem pemerintahan, khalifah, muawin at-tafwidh, muawin at-tanfidz, amirul jihad, al-qadha, al-wulat, majlis ummah, sistem sosial, sistem ekonomi, sistem pendidikan, politik luar negeri dan lainnya.
Diakhir kitab ditutup dengan bab akhlak dalam pandangan islam yang menjelaskan posisi akhlak sebagai bagian dari syariat islam. Posisinya berada pada hubungannya dengan diri sendiri. Kewajibannya sama dengan kewajiban lainnya yang berada pada hubungan vertikal dengan Allah Swt, serta hubungannya dengan sesama manusia lainnya.
Tentu akan lebih lengkap jika membacanya secara langsung apalagi jika membacanya dalam perhalaqohan di hizbut tahrir, sehingga bisa didiskusikan lebih lanjut tentang isi di dalam kitab nidzomul islam.

Untuk e-book nizomul islam (cetakan ke 11) bisa di download di :
Edisi bahasa indonesia :
Edisi bahasa arab :
Syarah dari kitab nidzomul islam bisa dijadikan rujukan dengan kitab REIDEOLOGI ISLAM oleh Muhammad Hawari, insyaallah nanti saya buat review untuk kitabnya. 


0 komentar:

Post a Comment

terima